RPP Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Materi Suhu, Kalor dan Perpindahan Kalor Kelas XI MIPA SMA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 1 Gomo
Mata Pelajaran : Fisika
(Peminatan)
Kelas/Semester : XI / Ganjil
Materi Pokok : Suhu, Kalor
dan Perpindahan Kalor
Alokasi Waktu : 2 Pertemuan x 4 Jam Pelajaran @45 Menit
A. Kompetensi Inti
· KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
· KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar |
Indikator |
3.1 Menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan
kalor yang meliputi karakteristik termal suatu bahan, kapasitas, dan
konduktivitas kalor pada kehidupan sehari-hari |
·
Mengidentifikasi perubahan
suhu benda diukur dengan menggunakan Termometer (Celcius, Reamur, Fahrenheit
dan Kelvin) serta konversi setiap derajat suhu terhadap derajat suhu lainnya. ·
Menganalisis pengaruh kalor
terhadap perubahan suhu benda ·
Menganalisis proses
perpindahan kalor menggunakan hokum kekekalan energi dalam bentuk kalor yang
di sebut Asas Black. ·
Menganalisis perpindahan kalor
secara konduksi, konveksi dan radiasi |
4.1 Merancang dan melakukan percobaan tentang
karakteristik termal suatu bahan, terutama terkait dengan kapasitas dan konduktivitas
kalor, beserta presentasi hasil percobaan dan pemanfatannya |
·
Melakukan percobaan tentang
pengaruh kalor terhadap suhu, wujud, dan ukuran benda, menentukan kalor jenis
atau kapasitas kalor logam dan mengeksplorasi tentang azas Black dan perpindahan
kalor ·
Mengolah data dan menganalisis
hasil percobaan tentang kalor jenis atau kapasitas kalor logam dengan
menggunakan kalorimeter ·
Membuat laporan hasil percobaan
dan mempresentasikannya |
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
- Mengidentifikasi perubahan suhu benda diukur dengan menggunakan Termometer (Celcius, Reamur, Fahrenheit dan Kelvin) serta konversi setiap derajat suhu terhadap derajat suhu lainnya.
- Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda
- Menganalisis perpindahan kalor secara konduksi, konveksi dan radiasi
- Melakukan percobaan tentang pengaruh kalor terhadap suhu, wujud, dan ukuran benda, menentukan kalor jenis atau kapasitas kalor logam dan mengeksplorasi tentang Asas Black dan perpindahan kalor
- Mengolah data dan menganalisis hasil percobaan tentang kalor jenis atau kapasitas kalor logam dengan menggunakan kalorimeter
- Membuat laporan hasil percobaan dan mempresentasikannya
Suhu, Kalor dan Perpindahan Kalor:
·
Suhu
·
Kalor
·
Kapasitas Kalor
·
Asas Black
·
Perpindahan Kalor (Konduksi, Konveksi dan Radiasi)
E. Model, Metode dan Pendekatan
Pembelajaran
Model Pembelajaran : Learning Cycle 5E
Metode : Tanya jawab,
wawancara, diskusi dan bermain
peran
Pendekatan : Saintifik
F. Media
Pembelajaran
Media :
- Worksheet atau lembar kerja peserta didik (LKPD)
- Lembar penilaian
- PPT Presentasi
Alat/Bahan :
- Penggaris, spidol, papan tulis
- Laptop & infocus
G. Sumber Belajar
Buku Fisika Kelas XI K-13 Edisi Revisi 2016, Penerbit Grafindo Media Pratama
Buku refensi yang relevan,
Lingkungan setempat
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Pertama (4 x 45 Menit) |
Kegiatan
Pendahuluan (15
Menit) |
Guru : Orientasi v
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk
memulai pembelajaran v
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran. Aperpepsi v
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya v
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. v
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. v
Apabila
materi
tema/projek ini dikerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh sehingga dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Ø
Suhu Ø
Kalor v
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung v
Mengajukan
pertanyaan Pemberian Acuan v
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. v
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung v
Pembagian
kelompok belajar v
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
Kegiatan Inti
(155 Menit) |
Tahap |
Kegiatan Guru |
Kegiatan Peserta Didik |
Waktu |
Engagement (Pembangkitan Minat) |
Menumbuhkan minat belajar peserta didik melalui kegiatan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan yakni: “apa
yang dimaksud dengan tingkat panas dinginnya suatu keadaan ruang?” “mengapa
kalor digolongkan sebagai energi?” |
Menjawab pertanyaan guru |
20 menit |
Menunjukkan minat pada topik pembelajaran |
|||
Exploration (Penjelajahan Informasi) |
Mengelompokkan peserta didik dalam kelompok yang beranggotakan 4-5 orang |
Duduk berdasarkan kelompok belajarnya |
65 menit |
Menugaskan peserta didik
untuk membaca LKPD 1 yang telah
disediakan |
Mengeksplorasi materi pembelajaran yang terdapat dalam
LKPD 1 |
||
Menjelaskan dengan singkat isi LKPD 1 terkait suhu dan kalor |
Memperhatikan penjelasan guru |
||
Menugaskan peserta didik
untuk berdiskusi
bersama kelompoknya dalam menjawab pertanyaan yang tertera pada LKPD 1 |
Melakukan diskusi bersama
kelompoknya untuk menjawab pertanyaan yang tertera pada LKPD
1 |
||
Mencatat pengamatan dan ide-ide |
|||
Explanation (Penjelasan) |
Meminta perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya |
Perwakilan kelompok menyajikan hasil
diskusi kelompoknya kepada seluruh anggota kelas |
25 menit |
Menanggapi hasil presentasi kelompok |
Mendengarkan secara kritis
penjelasan dari teman sekelas atau guru |
||
Mengajukan pertanyaan- pertanyaan
yang terkait materi pembelajaran pada
LKPD 1 |
|||
Elaboration (Pengayaan) |
Mengarahkan peserta didik untuk mengembangkan konsep
pembelajaran dengan menanyakan “bagaimana merubah panas dan
dingin menjadi sebuah energi?” |
Menganalisis dan menjawab pertanyaan guru |
20 menit |
Mengajukan pertanyaan- pertanyaan
lanjutan |
|||
Evaluate (Evaluasi) |
Menilai pemahaman siswa
tentang suhu dan kalor melalui pertanyaan lisan
terhadap beberapa orang siswa sebagai sampel. |
Menganalisis dan menjawab
pertanyaan guru |
20 menit |
Kegiatan Penutup (10 Menit) |
Peserta didik : v
Membuat
resume (rangkuman) dengan bimbingan guru tentang poin-poin
penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Suhu dan Kalor yang
baru dilakukan. v
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Suhu
dan Kalor yang baru diselesaikan. v
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya di
luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai untuk materi pelajaran Suhu dan Kalor. v
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Suhu dan pemuaian. v
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Suhu
dan pemuaian kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik. |
2. Pertemuan Kedua (4 x 45 Menit) |
Kegiatan
Pendahuluan (15
Menit) |
Guru : Orientasi v
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk
memulai pembelajaran v
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran. Aperpepsi v
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya v
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. v
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. v
Apabila
materi
tema/projek ini dikerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh sehingga dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Ø
Kapasitas Kalor Ø
Asas Black Ø
Perpindahan
Kalor (Konduksi Konveksi dan Radiasi) v
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung v
Mengajukan
pertanyaan Pemberian Acuan v
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. v
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung v
Pembagian
kelompok belajar v
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
Kegiatan Inti
(155 Menit) |
Tahap |
Kegiatan Guru |
Kegiatan Peserta Didik |
Waktu |
Engagement (Pembangkitan Minat) |
Menumbuhkan minat belajar peserta didik melalui kegiatan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan yakni: “mengapa
besi jika salah satu ujungnya dipanaskan maka ujung yang lain ikut panas?” “Mengapa
tangkai sendok masak terbuat dari kayu?” |
Menjawab pertanyaan guru |
20 menit |
Menunjukkan minat pada topik pembelajaran |
|||
Exploration (Penjelajahan Informasi) |
Mengelompokkan peserta didik dalam kelompok yang beranggotakan 4-5 orang |
Duduk berdasarkan kelompok belajarnya |
65 menit |
Menugaskan peserta didik
untuk membaca LKPD 1 yang telah
disediakan |
Mengeksplorasi materi pembelajaran yang terdapat dalam
LKPD 1 |
||
Menjelaskan dengan singkat
isi LKPD 1
terkait Kapasitas Kalor, Asas Black dan Perpindahan Kalor. |
Memperhatikan penjelasan guru |
||
Menugaskan peserta didik
untuk berdiskusi
bersama kelompoknya dalam menjawab pertanyaan yang tertera pada LKPD 1 |
Melakukan diskusi bersama
kelompoknya untuk menjawab pertanyaan yang tertera pada LKPD
1 |
||
Mencatat pengamatan dan ide-ide |
|||
Explanation (Penjelasan) |
Meminta perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya |
Perwakilan kelompok menyajikan hasil
diskusi kelompoknya kepada seluruh anggota kelas |
25 menit |
Menanggapi hasil presentasi kelompok |
Mendengarkan secara kritis
penjelasan dari teman sekelas atau guru |
||
Mengajukan pertanyaan- pertanyaan
yang terkait materi pembelajaran pada
LKPD 1 |
|||
Elaboration (Pengayaan) |
Mengarahkan peserta didik untuk mengembangkan konsep
pembelajaran dengan menanyakan “bagaimana
proses pemanasan yang terjadi pada air yang dipanaskan diatas kompor?” |
Menganalisis dan menjawab pertanyaan guru |
20 menit |
Mengajukan pertanyaan- pertanyaan
lanjutan |
|||
Evaluate (Evaluasi) |
Menilai pemahaman
siswa tentang suhu dan kalor melalui
pertanyaan lisan
terhadap beberapa orang siswa sebagai sampel. |
Menganalisis dan menjawab
pertanyaan guru |
20 menit |
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
Peserta didik : v
Membuat
resume (rangkuman) dengan bimbingan guru tentang poin-poin
penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Kapasitas Kalor, Asas Black dan Perpindahan Kalor (Konduksi Konveksi
dan Radiasi) yang baru
dilakukan. v
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Kapasitas
Kalor, Asas Black dan Perpindahan
Kalor (Konduksi Konveksi dan Radiasi) yang baru diselesaikan. v
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya di
luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai untuk materi pelajaran Suhu dan Kalor. v
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Suhu dan pemuaian. v
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Suhu
dan pemuaian kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik. |
I.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
1. Teknik Penilaian (terlampir)
a. Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian
observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari,
baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung
dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No |
Nama Siswa |
Aspek Perilaku yang Dinilai |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
BS |
JJ |
TJ |
DS |
|||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100
= Sangat Baik
75 = Baik
50
= Cukup
25
= Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai
dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap
yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01
– 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01
– 75,00 = Baik (B)
25,01
– 50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek
perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring
dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka
peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri.
Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan
terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan
dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan
merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan
oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format
penilaian :
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Selama diskusi, saya ikut serta
mengusulkan ide/gagasan. |
50 |
|
250 |
62,50 |
C |
2 |
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota
mendapatkan kesempatan untuk berbicara. |
|
50 |
|||
3 |
Saya ikut serta dalam membuat
kesimpulan hasil diskusi kelompok. |
50 |
|
|||
4 |
... |
100 |
|
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01
– 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01
– 75,00 = Baik (B)
25,01
– 50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk
menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian
ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama
halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan
penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya.
Berikut Contoh format penilaian teman sebaya :
Nama
yang diamati : ...
Pengamat
: ...
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Mau menerima pendapat teman. |
100 |
|
450 |
90,00 |
SB |
2 |
Memberikan solusi terhadap
permasalahan. |
100 |
|
|||
3 |
Memaksakan pendapat sendiri kepada
anggota kelompok. |
|
100 |
|||
4 |
Marah saat diberi kritik. |
100 |
|
|||
5 |
... |
|
50 |
Catatan
:
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk
pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan
Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01
– 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01
– 75,00 = Baik (B)
25,01
– 50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
b. Pengetahuan
-
Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda
(Lihat lampiran)
-
Tes
Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau
Dialog
No |
Aspek yang Dinilai |
Skala |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
25 |
50 |
75 |
100 |
|||||
1 |
Intonasi |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Pelafalan |
|
|
|
|
|||
3 |
Kelancaran |
|
|
|
|
|||
4 |
Ekspresi |
|
|
|
|
|||
5 |
Penampilan |
|
|
|
|
|||
6 |
Gestur |
|
|
|
|
-
Penugasan (Lihat Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik
menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik
b. Peserta didik
memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas
rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c. Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen
Penilaian
No |
Aspek yang Dinilai |
Sangat Baik (100) |
Baik (75) |
Kurang Baik (50) |
Tidak Baik (25) |
1 |
Kesesuaian respon dengan pertanyaan |
|
|
|
|
2 |
Keserasian pemilihan kata |
|
|
|
|
3 |
Kesesuaian penggunaan tata bahasa |
|
|
|
|
4 |
Pelafalan |
|
|
|
|
Kriteria
penilaian (skor)
100
= Sangat Baik
75 = Baik
50
= Kurang Baik
25
= Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen
Penilaian Diskusi
No |
Aspek yang
Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
Penguasaan materi diskusi |
|
|
|
|
2 |
Kemampuan menjawab pertanyaan |
|
|
|
|
3 |
Kemampuan mengolah kata |
|
|
|
|
4 |
Kemampuan menyelesaikan masalah |
|
|
|
|
100
= Sangat Baik
75 = Baik
50
= Kurang Baik
25
= Tidak Baik
-
Penilaian Proyek (Lihat Lampiran)
-
Penilaian Produk (Lihat Lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan
semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll
No |
Aspek yang
Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
2. Instrumen Penilaian (terlampir)
a.
Pertemuan Pertama
b.
Pertemuan Kedua
c.
Pertemuan Ketiga
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteria
ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal tambahan misalnya
sebagai berikut :
1)
Jelaskan tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!
2)
Jelaskan tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik
Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian!
3)
Jelaskan tentang Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan
pemerintahan!
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD / Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No |
Nama Peserta Didik |
Nilai Ulangan |
Indikator yang Belum Dikuasai |
Bentuk Tindakan Remedial |
Nilai Setelah Remedial |
Keterangan |
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
dst. |
|
|
|
|
|
|
b. Pengayaan
Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena
telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru memberikan soal
pengayaan sebagai berikut :
1)
Membaca buku-buku tentang Nilai-nilai Pancasila
dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang relevan.
2)
Mencari informasi secara online tentang Nilai-nilai
Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
3)
Membaca surat kabar, majalah, serta berita online
tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan
pemerintahan Negara
4)
Mengamati langsung tentang Nilai-nilai Pancasila
dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang ada di
lingkungan sekitar.
..........., April 2023
Mengetahui,
Wakasek Kurikulum Guru Mapel Fisika,
.................................................. ..................................................
NIP. NIP.
Komentar
Posting Komentar