RPP Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Materi Suhu, Kalor dan Perpindahan Kalor Kelas XI MIPA SMA

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan            : SMA Negeri 1 Gomo

Mata Pelajaran                  : Fisika (Peminatan)

Kelas/Semester                   : XI / Ganjil

Materi Pokok                      : Suhu, Kalor dan Perpindahan Kalor

Alokasi Waktu                   : 2 Pertemuan x 4 Jam Pelajaran @45 Menit

A.    Kompetensi Inti

·   KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

·  KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

 

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator

3.1 Menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan kalor yang meliputi karakteristik termal suatu bahan, kapasitas, dan konduktivitas kalor pada kehidupan sehari-hari

·   Mengidentifikasi perubahan suhu benda diukur dengan menggunakan Termometer (Celcius, Reamur, Fahrenheit dan Kelvin) serta konversi setiap derajat suhu terhadap derajat suhu lainnya.

·   Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda

·   Menganalisis proses perpindahan kalor menggunakan hokum kekekalan energi dalam bentuk kalor yang di sebut Asas Black.

·   Menganalisis perpindahan kalor secara konduksi, konveksi dan radiasi

4.1  Merancang dan melakukan percobaan tentang karakteristik termal suatu bahan, terutama terkait dengan kapasitas dan konduktivitas kalor, beserta presentasi hasil percobaan dan pemanfatannya

·   Melakukan percobaan tentang pengaruh kalor terhadap suhu, wujud, dan ukuran benda, menentukan kalor jenis atau kapasitas kalor logam dan mengeksplorasi tentang azas Black dan perpindahan kalor

·   Mengolah data dan menganalisis hasil percobaan tentang kalor jenis atau kapasitas kalor logam dengan menggunakan kalorimeter

·   Membuat laporan hasil percobaan dan mempresentasikannya

 C.    Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

  1. Mengidentifikasi perubahan suhu benda diukur dengan menggunakan Termometer (Celcius, Reamur, Fahrenheit dan Kelvin) serta konversi setiap derajat suhu terhadap derajat suhu lainnya.
  2. Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda
  3. Menganalisis perpindahan kalor secara konduksi, konveksi dan radiasi
  4. Melakukan percobaan tentang pengaruh kalor terhadap suhu, wujud, dan ukuran benda, menentukan kalor jenis atau kapasitas kalor logam dan mengeksplorasi tentang Asas Black dan perpindahan kalor
  5. Mengolah data dan menganalisis hasil percobaan tentang kalor jenis atau kapasitas kalor logam dengan menggunakan kalorimeter
  6. Membuat laporan hasil percobaan dan mempresentasikannya

 D.    Materi Pembelajaran

Suhu, Kalor dan Perpindahan Kalor:

·         Suhu

·         Kalor

·         Kapasitas Kalor

·         Asas Black

·         Perpindahan Kalor (Konduksi, Konveksi dan Radiasi)

 

E.     Model, Metode dan Pendekatan Pembelajaran

Model Pembelajaran         : Learning Cycle 5E

Metode                              : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain

 peran

Pendekatan                       : Saintifik

 

F.     Media Pembelajaran

Media :

  1. Worksheet atau lembar kerja peserta didik (LKPD)
  2. Lembar penilaian
  3. PPT Presentasi

Alat/Bahan :

  1. Penggaris, spidol, papan tulis
  2. Laptop & infocus

 

G.    Sumber Belajar

Buku Fisika Kelas XI K-13 Edisi Revisi 2016, Penerbit Grafindo Media Pratama

Buku refensi yang relevan,

Lingkungan setempat

H.      Langkah-Langkah Pembelajaran

 

1 . Pertemuan Pertama (4 x 45 Menit)

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

Guru :

Orientasi

v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Aperpepsi

v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya

v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

v Apabila materi tema/projek ini dikerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh sehingga dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :

Ø Suhu

Ø Kalor

v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung

v Mengajukan pertanyaan

Pemberian Acuan

v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

v Pembagian kelompok belajar

v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Kegiatan Inti (155 Menit)

Tahap

Kegiatan Guru

Kegiatan Peserta Didik

Waktu

Engagement

(Pembangkitan Minat)

Menumbuhkan minat belajar peserta didik melalui kegiatan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan yakni:

apa yang dimaksud dengan tingkat panas dinginnya suatu keadaan ruang?”

 

mengapa kalor digolongkan sebagai energi?”

Menjawab pertanyaan

guru

20 menit

Menunjukkan minat pada topik pembelajaran

Exploration (Penjelajahan    Informasi)

Mengelompokkan peserta

didik dalam kelompok yang beranggotakan 4-5 orang

Duduk berdasarkan kelompok belajarnya

65 menit

Menugaskan peserta didik untuk membaca LKPD 1

yang telah disediakan

Mengeksplorasi materi pembelajaran yang

terdapat dalam  LKPD 1

Menjelaskan dengan singkat isi LKPD 1 terkait suhu dan kalor

 

Memperhatikan penjelasan guru

Menugaskan peserta didik untuk berdiskusi bersama kelompoknya dalam menjawab pertanyaan yang  tertera pada LKPD 1

Melakukan diskusi bersama kelompoknya untuk menjawab pertanyaan yang tertera

pada LKPD 1

Mencatat pengamatan

dan ide-ide

Explanation

(Penjelasan)

Meminta perwakilan kelompok untuk

mempresentasikan hasil

diskusi kelompoknya

Perwakilan kelompok menyajikan hasil diskusi

kelompoknya kepada

seluruh anggota kelas

25 menit

Menanggapi hasil presentasi kelompok

Mendengarkan secara kritis penjelasan dari teman sekelas atau guru

Mengajukan pertanyaan- pertanyaan yang terkait materi pembelajaran

pada LKPD 1

Elaboration

(Pengayaan)

Mengarahkan peserta didik untuk mengembangkan konsep pembelajaran dengan menanyakan

bagaimana merubah panas dan dingin menjadi sebuah energi?”

Menganalisis dan

menjawab pertanyaan guru

20 menit

Mengajukan pertanyaan- pertanyaan lanjutan

Evaluate

(Evaluasi)

Menilai pemahaman siswa tentang suhu dan kalor melalui pertanyaan lisan terhadap beberapa orang siswa sebagai sampel.

 

Menganalisis dan menjawab pertanyaan guru

20 menit

Kegiatan Penutup (10 Menit)

Peserta didik :

v Membuat resume (rangkuman) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Suhu dan Kalor  yang baru dilakukan.

v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Suhu dan Kalor yang baru diselesaikan.

v Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.

Guru :

v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  untuk materi pelajaran Suhu dan Kalor.

v Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Suhu dan pemuaian.

v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Suhu dan pemuaian kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

 

2. Pertemuan Kedua (4 x 45 Menit)

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

Guru :

Orientasi

v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Aperpepsi

v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya

v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

v Apabila materi tema/projek ini dikerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh sehingga dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :

Ø Kapasitas Kalor

Ø Asas Black

Ø Perpindahan Kalor (Konduksi Konveksi dan Radiasi)

v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung

v Mengajukan pertanyaan

Pemberian Acuan

v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

v Pembagian kelompok belajar

v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Kegiatan Inti (155 Menit)

Tahap

Kegiatan Guru

Kegiatan Peserta Didik

Waktu

Engagement

(Pembangkitan Minat)

Menumbuhkan minat belajar peserta didik melalui kegiatan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan yakni:

mengapa besi jika salah satu ujungnya dipanaskan maka ujung yang lain ikut panas?”

 

Mengapa tangkai sendok masak terbuat dari kayu?”

Menjawab pertanyaan

guru

20 menit

Menunjukkan minat pada topik pembelajaran

Exploration (Penjelajahan    Informasi)

Mengelompokkan peserta

didik dalam kelompok yang beranggotakan 4-5 orang

Duduk berdasarkan kelompok belajarnya

65 menit

Menugaskan peserta didik untuk membaca LKPD 1

yang telah disediakan

Mengeksplorasi materi pembelajaran yang

terdapat dalam  LKPD 1

Menjelaskan dengan singkat isi LKPD 1 terkait Kapasitas Kalor, Asas Black dan Perpindahan Kalor.

Memperhatikan penjelasan guru

Menugaskan peserta didik untuk berdiskusi bersama kelompoknya dalam menjawab pertanyaan yang  tertera pada LKPD 1

Melakukan diskusi bersama kelompoknya untuk menjawab pertanyaan yang tertera

pada LKPD 1

Mencatat pengamatan

dan ide-ide

Explanation

(Penjelasan)

Meminta perwakilan kelompok untuk

mempresentasikan hasil

diskusi kelompoknya

Perwakilan kelompok menyajikan hasil diskusi

kelompoknya kepada

seluruh anggota kelas

25 menit

Menanggapi hasil presentasi kelompok

Mendengarkan secara kritis penjelasan dari teman sekelas atau guru

Mengajukan pertanyaan- pertanyaan yang terkait materi pembelajaran

pada LKPD 1

Elaboration

(Pengayaan)

Mengarahkan peserta didik untuk mengembangkan konsep pembelajaran dengan menanyakan

bagaimana proses pemanasan yang terjadi pada air yang dipanaskan diatas kompor?”

Menganalisis dan

menjawab pertanyaan guru

20 menit

Mengajukan pertanyaan- pertanyaan lanjutan

Evaluate

(Evaluasi)

Menilai pemahaman siswa tentang suhu dan kalor melalui pertanyaan lisan terhadap beberapa orang siswa sebagai sampel.

Menganalisis dan menjawab pertanyaan guru

20 menit

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Peserta didik :

v Membuat resume (rangkuman) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Kapasitas Kalor, Asas Black dan Perpindahan Kalor (Konduksi Konveksi dan Radiasi) yang baru dilakukan.

v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Kapasitas Kalor, Asas Black dan Perpindahan Kalor (Konduksi Konveksi dan Radiasi) yang baru diselesaikan.

v Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.

Guru :

v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  untuk materi pelajaran Suhu dan Kalor.

v Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Suhu dan pemuaian.

v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Suhu dan pemuaian kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

 

I.         Penilaian Hasil Pembelajaran

 

1.      Teknik Penilaian (terlampir)

a.    Sikap

-        Penilaian Observasi

Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap

No

Nama Siswa

Aspek Perilaku yang Dinilai

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai

BS

JJ

TJ

DS

1

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan :

   BS : Bekerja Sama

   JJ : Jujur

   TJ : Tanggun Jawab

   DS : Disiplin

 

Catatan :

1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:

100 = Sangat Baik

75    = Baik

50    = Cukup

25    = Kurang

2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400

3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75

4. Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00   = Baik (B)

25,01 – 50,00   = Cukup (C)

00,00 –  25,00  = Kurang (K)

5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai

 

-        Penilaian Diri

Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :

No

Pernyataan

Ya

Tidak

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai

1

Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.

50

 

250

62,50

C

2

Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.

 

50

3

Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.

50

 

4

...

100

 

 Catatan :

1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50

2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400

3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50

4. Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00   = Baik (B)

25,01 – 50,00   = Cukup (C)

00,00 –  25,00  = Kurang (K)

5. Format di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan

 

-        Penilaian Teman Sebaya

Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman sebaya :

 

Nama yang diamati      : ...

Pengamat                : ...

 

No

Pernyataan

Ya

Tidak

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai

1

Mau menerima pendapat teman.

100

 

450

90,00

SB

2

Memberikan solusi terhadap permasalahan.

100

 

3

Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok.

 

100

4

Marah saat diberi kritik.

100

 

5

...

 

50

 

Catatan :

1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100

2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500

3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00

4. Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00   = Baik (B)

25,01 – 50,00   = Cukup (C)

00,00 –  25,00  = Kurang (K)

 -        Penilaian Jurnal (Lihat lampiran)

 

b.   Pengetahuan

-        Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)

-        Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan

Praktek Monolog atau Dialog

 Penilaian Aspek Percakapan

No

Aspek yang Dinilai

Skala

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai

25

50

75

100

1

Intonasi

 

 

 

 

 

 

 

2

Pelafalan

 

 

 

 

3

Kelancaran

 

 

 

 

4

Ekspresi

 

 

 

 

5

Penampilan

 

 

 

 

6

Gestur

 

 

 

 

 

-        Penugasan (Lihat Lampiran)

Tugas Rumah

a.  Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik

b.  Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik

c.  Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.

c.    Keterampilan

-        Penilaian Unjuk Kerja

Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut: 

Instrumen Penilaian

No

Aspek yang Dinilai

Sangat

Baik

(100)

Baik

(75)

Kurang

Baik

(50)

Tidak

Baik

(25)

1

Kesesuaian respon dengan pertanyaan

 

 

 

 

2

Keserasian pemilihan kata

 

 

 

 

3

Kesesuaian penggunaan tata bahasa

 

 

 

 

4

Pelafalan

 

 

 

 

Kriteria penilaian (skor)

100    = Sangat Baik

75      = Baik

50      = Kurang Baik

25      = Tidak Baik

Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100) 

Instrumen Penilaian Diskusi

No

Aspek yang Dinilai

100

75

50

25

1

Penguasaan materi diskusi

 

 

 

 

2

Kemampuan menjawab pertanyaan

 

 

 

 

3

Kemampuan mengolah kata

 

 

 

 

4

Kemampuan menyelesaikan masalah

 

 

 

 

 Keterangan :

100    = Sangat Baik

75      = Baik

50      = Kurang Baik

25      = Tidak Baik

-        Penilaian Proyek (Lihat Lampiran)

-        Penilaian Produk (Lihat Lampiran)

-        Penilaian Portofolio

Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll

 Instrumen Penilain

No

Aspek yang Dinilai

100

75

50

25

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

2.      Instrumen Penilaian (terlampir)

a.    Pertemuan Pertama

b.    Pertemuan Kedua

c.    Pertemuan Ketiga

 

 

3.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

a.      Remedial

Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal tambahan misalnya sebagai berikut :

1)      Jelaskan tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!

2)      Jelaskan tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian!

3)      Jelaskan tentang Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan!


CONTOH PROGRAM REMIDI

 

Sekolah                                :        ……………………………………………..

Kelas/Semester                     :        ……………………………………………..

Mata Pelajaran                     :        ……………………………………………..

Ulangan Harian Ke              :        ……………………………………………..

Tanggal Ulangan Harian      :        ……………………………………………..

Bentuk Ulangan Harian       :        ……………………………………………..

Materi Ulangan Harian        :        ……………………………………………..

(KD / Indikator)                   :        ……………………………………………..

KKM                                    :        ……………………………………………..

No

Nama Peserta Didik

Nilai Ulangan

Indikator yang Belum Dikuasai

Bentuk Tindakan Remedial

Nilai Setelah Remedial

Keterangan

1

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

dst.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

b.      Pengayaan

Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut :

1)      Membaca buku-buku tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang relevan.

2)      Mencari informasi secara online tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

3)      Membaca surat kabar, majalah, serta berita online tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

4)       Mengamati langsung tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang ada di lingkungan sekitar.

 

                                                                                                                ...........,       April 2023

Mengetahui,  

Wakasek Kurikulum                                               Guru Mapel Fisika,

 

 

 

..................................................                               ..................................................

NIP.                                                                          NIP. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Model-model Pembelajaran oleh Dr. Rusman, M.Pd.

RPP K13 SMP Kelas 9 Rangkain Listrik dan LKS

Review Buku Perkembangan Peserta Didik oleh Prof. Dr. H. Sunarto dan Dra. Ny.B. Agung Hartono