Review Buku Perkembangan Peserta Didik oleh Prof. Dr. H. Sunarto dan Dra. Ny.B. Agung Hartono


REVIEW BUKU

“PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK”
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Perkembangan Peserta Didik yang dibina oleh


Ibu Christina Sitepu M.Pd



Disusun oleh:

Marcelina Katarina Sijabat
Nim. 16100037













PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN
MEDAN



A.   IDENTITAS

Judul buku                          : Perkembangan Peserta Didik
Penulis:                                : Prof. Dr. H. Sunarto
                                                  Dra. Ny.B. Agung Hartono
Penerbit                               : Rineka Cipta
Tempat                                 : Jakarta
Tanggal penerbitan         : 30 Januari 1995
Cetakan                                : 4
Jumlah halaman               : ix, 245
ISBN                                      : 978-979-518-826-1





B.    PENDAHULUAN

Manusia dalam kedudukannya sebagai peserta didik haruslah ditempatkan sebagai pribadi yang utuh; yakni manusia sebagai kesatuan sifat makhluk hidup individu dan sosial, sebagai kesatuan jasmani dan rohani, dan sebagai makhluk Tuhan yang harus menempatkan hidupnya sebagai persiapan dunia akhirat.

Pendidikan adalah upaya membentuk suatu lingkungan untuk anak yang dapat merangsang perkembangan potensi-potensi yang dimilikinya dan akan membawa perubahan yang diinginkan dalam kebiasaan dan sikapnya. Jadi, anak dibantu oleh guru, orang tua, dan orang dewasa lainnya untuk memanfaatkan kapasitas dan potensi yang dibawanya dalam mencapai partumbuhan dan perkembangan yang diinginkan. Agar lebih memahami mengenai perkembangan peserta didik maka dalam ringkasan singkat ini akan dibahas secara mendetail tentang bagaimana perkembangan peserta didik yang sebenarnya. Semoga apa yang dipaparkan dalam ringkasan ini dapat bermanfaat.


C.     RINGKASAN ISI BUKU

Cetakan yang keempat buku Prof. Dr. H.Sunato dan Dra. Ny. B. Agung Hartono ini meliputi 7 bab dan 38 subbab. Didalam buku ini membahas tentang bagaimana perkembangan peserta didik serta konsep-konsep yg mendudukung adanya perkembangan peserta didik. Buku ini juga memberikan penjelasan tentang hukum-hukum pertumbuhan dan perkembangan yg sangat dibutuhkan.

Menurut penulis, buku ini sangat penting dibaca karena sangat membantu guru, mahasiswa calon guru dan masyarakat dalam memahami apa dan bagaimana sebenarnya perkembangan peserta didik dan diharapkan akan memneri dasar, arah dan titik tolak kegiatan perkuliahan, sehingga perkuliahan dapat dilakukan lebih terprogram.

 Pokok isi uraian yang disajikan pada bab 1 adalah karakteristik individu secara umum. Individu adalah manusia yang berkedudukan sebagai pribadi yang utuh, pilah, tunggal dan khas. Individu terus mengalami pertumbuhan fisik dan perkembangan psikis. Pokok isi uraian yang disajikan pada bab 2 adalah mengenai proses perkembangan itu sendiri. Dimana disana dijelaskan bahwa perkembangan merupakan proses perubahan dalam pertumbuhan pada suatu waktu sebagai fungsi kematangan dan interaksi dengan lingkungannya. Semua proses pertumbuhan dan perkembangan akan mencapai tingkat kematangan dan dengan demikian akan berpengaruh terhadap perkembangan mengendalikan emosi.

Pokok isi uraian yang disajikan pada bab 3 adalah mengenai pertumbuhan fisik remaja. Dimana pertumbuhan fisik adalah perubahan-perubahan fisik yang terjadi dan merupakan gejala primer dalam pertumbuhan remaja. Ada juga beberapa fakor yang berpengaruh antara lain: faktor keluarga, faktor gizi, faktor emosional, faktor jenis kelamin dan faktor kesehatan. Pokok isi uraian yang disajikan pada bab 4 adalah perkembangan intelek, sosial dan bahasa. Intelek adalah kecakapan mental, yang menggambarkan kemampuan berfikir. Perkembangan sosial adalah berkembangnya tingkat hubungan antarmanusia sehubungan dengan meningkatnya kebutuhan hidup manusia.


Pokok isi uraian yang disajikan pada bab 5 adalah mengenai perkembangan afektif. Emosi adalah warna afektif yang kuat dan ditandai oleh perubahan-perubahan fisik. Pokok isi uraian yang disajikan pada bab 6 adalah tugas perkembangan kehidupan pribadi, pendidikan dan karier dan kehidupan berkeluarga.

Kelebihan buku

Kelebihan dalam buku ini adalah bahwa dalam setiap bab terdapat rangkuman yg memudahkan pembaca mengetahui kesimpulan dan inti dari apa yang mereka baca juga terdapat daftar pustaka yang semakin menegaskan bahwa isi yang dirangkum dalam setiap babnya sudah lebih terbukti dan terperinci.

Manfaat lain dari buku ini adalah mempermudah pemahaman mengenai perkembangan peserta didik karena struktur bahasa yang digunakan mudah dimengerti tanpa mengurang arti sebenarnya. Jadi, buku ini sangat berguna bagi para mahasiswa, guru,  dosen atau para tenaga pengajar lainnya dan juga masyarakat sehingga tidak kesulitan lagi dalam memahami peserta didik.

Kelemahan buku

Banyaknya terdapat kesalahan dalam penulisan kata-kata dan letak beberapa bagian kata yang kurang sempurna sehinga makna kalimatnya jadi rancu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Model-model Pembelajaran oleh Dr. Rusman, M.Pd.

RPP K13 SMP Kelas 9 Rangkain Listrik dan LKS