Review Buku Perkembangan Peserta Didik oleh Prof. Dr. H. Sunarto dan Dra. Ny.B. Agung Hartono
REVIEW BUKU
“PERKEMBANGAN
PESERTA DIDIK”
Disusun
untuk memenuhi tugas mata kuliah Perkembangan Peserta Didik yang dibina oleh
Ibu
Christina Sitepu M.Pd
Disusun
oleh:
Marcelina
Katarina Sijabat
Nim.
16100037
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
HKBP NOMMENSEN
MEDAN
A.
IDENTITAS
Judul buku :
Perkembangan Peserta Didik
Penulis: :
Prof. Dr. H. Sunarto
Dra. Ny.B. Agung Hartono
Penerbit :
Rineka Cipta
Tempat :
Jakarta
Tanggal penerbitan : 30 Januari 1995
Cetakan : 4
Jumlah halaman : ix, 245
ISBN : 978-979-518-826-1
B.
PENDAHULUAN
Manusia
dalam kedudukannya sebagai peserta didik haruslah ditempatkan sebagai pribadi
yang utuh; yakni manusia sebagai kesatuan sifat makhluk hidup individu dan
sosial, sebagai kesatuan jasmani dan rohani, dan sebagai makhluk Tuhan yang
harus menempatkan hidupnya sebagai persiapan dunia akhirat.
Pendidikan
adalah upaya membentuk suatu lingkungan untuk anak yang dapat merangsang
perkembangan potensi-potensi yang dimilikinya dan akan membawa perubahan yang
diinginkan dalam kebiasaan dan sikapnya. Jadi, anak dibantu oleh guru, orang
tua, dan orang dewasa lainnya untuk memanfaatkan kapasitas dan potensi yang
dibawanya dalam mencapai partumbuhan dan perkembangan yang diinginkan. Agar
lebih memahami mengenai perkembangan peserta didik maka dalam ringkasan singkat
ini akan dibahas secara mendetail tentang bagaimana perkembangan peserta didik
yang sebenarnya. Semoga apa yang dipaparkan dalam ringkasan ini dapat
bermanfaat.
C.
RINGKASAN ISI BUKU
Cetakan yang keempat buku Prof.
Dr. H.Sunato dan Dra. Ny. B. Agung Hartono ini meliputi 7 bab dan 38 subbab.
Didalam buku ini membahas tentang bagaimana perkembangan peserta didik serta
konsep-konsep yg mendudukung adanya perkembangan peserta didik. Buku ini juga
memberikan penjelasan tentang hukum-hukum pertumbuhan dan perkembangan yg
sangat dibutuhkan.
Menurut penulis, buku ini sangat
penting dibaca karena sangat membantu guru, mahasiswa calon guru dan masyarakat
dalam memahami apa dan bagaimana sebenarnya perkembangan peserta didik dan
diharapkan akan memneri dasar, arah dan titik tolak kegiatan perkuliahan,
sehingga perkuliahan dapat dilakukan lebih terprogram.
Pokok isi uraian yang disajikan pada bab 1
adalah karakteristik individu secara umum. Individu adalah manusia yang
berkedudukan sebagai pribadi yang utuh, pilah, tunggal dan khas. Individu terus
mengalami pertumbuhan fisik dan perkembangan psikis. Pokok isi uraian yang
disajikan pada bab 2 adalah mengenai proses perkembangan itu sendiri. Dimana
disana dijelaskan bahwa perkembangan merupakan proses perubahan dalam
pertumbuhan pada suatu waktu sebagai fungsi kematangan dan interaksi dengan
lingkungannya. Semua proses pertumbuhan dan perkembangan akan mencapai tingkat
kematangan dan dengan demikian akan berpengaruh terhadap perkembangan
mengendalikan emosi.
Pokok isi uraian yang disajikan
pada bab 3 adalah mengenai pertumbuhan fisik remaja. Dimana pertumbuhan fisik
adalah perubahan-perubahan fisik yang terjadi dan merupakan gejala primer dalam
pertumbuhan remaja. Ada juga beberapa fakor yang berpengaruh antara lain:
faktor keluarga, faktor gizi, faktor emosional, faktor jenis kelamin dan faktor
kesehatan. Pokok isi uraian yang disajikan pada bab 4 adalah perkembangan
intelek, sosial dan bahasa. Intelek adalah kecakapan mental, yang menggambarkan
kemampuan berfikir. Perkembangan sosial adalah berkembangnya tingkat hubungan
antarmanusia sehubungan dengan meningkatnya kebutuhan hidup manusia.
Pokok isi uraian yang disajikan
pada bab 5 adalah mengenai perkembangan afektif. Emosi adalah warna afektif
yang kuat dan ditandai oleh perubahan-perubahan fisik. Pokok isi uraian yang
disajikan pada bab 6 adalah tugas perkembangan kehidupan pribadi, pendidikan
dan karier dan kehidupan berkeluarga.
Kelebihan
buku
Kelebihan dalam buku ini adalah
bahwa dalam setiap bab terdapat rangkuman yg memudahkan pembaca mengetahui
kesimpulan dan inti dari apa yang mereka baca juga terdapat daftar pustaka yang
semakin menegaskan bahwa isi yang dirangkum dalam setiap babnya sudah lebih
terbukti dan terperinci.
Manfaat lain dari buku ini adalah
mempermudah pemahaman mengenai perkembangan peserta didik karena struktur
bahasa yang digunakan mudah dimengerti tanpa mengurang arti sebenarnya. Jadi,
buku ini sangat berguna bagi para mahasiswa, guru, dosen atau para tenaga pengajar lainnya dan
juga masyarakat sehingga tidak kesulitan lagi dalam memahami peserta didik.
Kelemahan
buku
Banyaknya terdapat kesalahan
dalam penulisan kata-kata dan letak beberapa bagian kata yang kurang sempurna
sehinga makna kalimatnya jadi rancu.
Komentar
Posting Komentar