Contoh RPP Pembelajaran Berdiferensiasi Program Guru Penggerak

Berikut adalah contoh format RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) untuk pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran Matematika di kelas tingkat sekolah menengah. Format ini mencakup beberapa langkah penting untuk mempersiapkan dan melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi.

RPP Mata Pelajaran: Matematika


Tema: Operasi Bilangan Bulat

Kelas: IX A

Waktu: 2 Jam Pelajaran (90 menit)

Alokasi Waktu:

  • Bagian 1: Pendahuluan dan Evaluasi Awal - 15 menit
  • Bagian 2: Pembelajaran Diferensiasi - 60 menit
  • Bagian 3: Evaluasi - 15 menit

Tujuan Pembelajaran:

  1. Siswa dapat menjelaskan konsep dasar operasi bilangan bulat.
  2. Siswa dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan dengan bilangan bulat.
  3. Siswa dapat memecahkan masalah matematika sederhana yang melibatkan bilangan bulat.

Bagian 1: Pendahuluan dan Evaluasi Awal (15 menit)

  • Guru memulai pelajaran dengan pertanyaan terbuka: "Apa yang Anda ketahui tentang operasi bilangan bulat?"
  • Siswa memberikan respons singkat.
  • Guru memberikan kuis evaluasi awal berisi beberapa soal singkat tentang operasi bilangan bulat untuk mengidentifikasi pemahaman awal siswa.

Bagian 2: Pembelajaran Diferensiasi (60 menit)

  • Langkah 1: Penjelasan Konsep (15 menit)

  1. Guru memberikan penjelasan konsep dasar operasi bilangan bulat kepada seluruh kelas.
  2. Gunakan contoh sederhana dan ilustrasi visual untuk memahamkan konsep ini.

  • Langkah 2: Kelompok Diferensiasi (30 menit)

            Kelompok Pemula:

  1. Guru bekerja dengan kelompok ini untuk memberikan pemahaman dasar tentang operasi bilangan bulat.
  2. Siswa bekerja dalam kelompok kecil untuk menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat sederhana.
  3. Guru memberikan dukungan individual kepada siswa yang kesulitan.

            Kelompok Menengah:

  1. Siswa mengerjakan latihan penjumlahan dan pengurangan dengan bilangan bulat dalam kelompok kecil.
  2. Guru memberikan pertanyaan dengan tingkat kesulitan sedang untuk diselesaikan bersama.
  3. Siswa berdiskusi tentang strategi yang digunakan dalam kelompok.

            Kelompok Lanjutan:

  1. Siswa menerima tugas proyek yang lebih kompleks yang melibatkan pemecahan masalah yang lebih dalam dengan bilangan bulat.
  2. Guru memberikan sumber daya tambahan seperti buku dan artikel terkait.
  3. Siswa bekerja secara mandiri atau dalam kelompok yang lebih kecil untuk menyelesaikan tugas proyek ini.

  • Langkah 3: Diskusi Bersama (15 menit)

  1. Seluruh kelas berkumpul untuk berdiskusi tentang konsep operasi bilangan bulat.
  2. Siswa dari kelompok berbagi pengalaman dan pemahaman mereka.
  3. Guru memberikan umpan balik yang sesuai untuk setiap kelompok.

Bagian 3: Evaluasi (15 menit)

  • Siswa mengerjakan soal evaluasi berbeda sesuai dengan kemampuan mereka.
  • Guru mengumpulkan dan memeriksa pekerjaan siswa.
  • Guru memberikan umpan balik singkat kepada masing-masing siswa.

Penutup:

  • Guru merangkum pembelajaran hari ini dan mengingatkan siswa tentang pentingnya pemahaman operasi bilangan bulat.
  • Guru memberikan tugas rumah sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa untuk memperkuat pemahaman mereka.

Catatan Penting:

  • Guru harus fleksibel dan siap untuk menyesuaikan rencana sesuai dengan kebutuhan siswa.
  • Monitoring siswa selama pembelajaran berdiferensiasi adalah kunci untuk keberhasilan implementasi.

Format RPP di atas dirancang untuk mengakomodasi perbedaan dalam pemahaman dan kemampuan siswa dalam pelajaran matematika. Dengan cara ini, setiap siswa dapat mendapatkan pembelajaran yang sesuai dengan tingkat mereka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Model-model Pembelajaran oleh Dr. Rusman, M.Pd.

RPP K13 SMP Kelas 9 Rangkain Listrik dan LKS

Review Buku Perkembangan Peserta Didik oleh Prof. Dr. H. Sunarto dan Dra. Ny.B. Agung Hartono